Kamis, 09 Juni 2011

SIMULASI PENGGUNAAN BNI Hasanah Card

 Simulasi Penggunaan BNI Hasanah Card/Kartu Kredit BNI Syariah :


 Keterangan                                           Jan-11       Feb-11          Mar-11       Apr-11
Limit Kartu (Gold)   Rp 10.000.000      
Tagihan bulan lalu                                   -                1.000.000          3.926.550         5.629.800
Pembayaran                                            -                100.000          400.000       5.650.000  
Outstanding setelah pembayaran              -                 900.000       3.526.550         (20.200) 
Pembelanjaan                                     1.000.000        3.000.000       2.000.000            -
Penarikan Tunai                                      -                    -                   -                 -
Transfer Balance                                     -                    -                   -                 -
Biaya - Biaya :                                                                                                                                      
Biaya administrasi tarik tunai                    -                    -                   -                 -  
Biaya fasilitas danaplus                            -                    -                   -                -  
Biaya keterlambatan                                -                    -                   -                 -
Biaya pelampauan limit                             -                   -                   -                 -  
Monthly Membership Fee                     (295.000)         (295.000)        (295.000)         (295.000)  
Cash Rebate                                      (295.000)           (268.450)       (191.750)          (295.000)              
Net Monthly Membership Fee                    -                26.550           103.250           -           
Tagihan bulan ini                             1.000.000          3.926.550       5.629.800          (20.200)

 Contoh kasus diatas :
Januari  :  pemegang kartu melakukan transaksi belanja total sebesar Rp 1.000.000 dan menerima tagihan bulan januari sebesar Rp 1.000.000
Februari :  pemegang kartu melakukan transaksi belanja total Rp 3.000.000 dan membayar sebesar Rp 100.000 dari tagihan bulan lalu Rp 1.000.000 sehingga tersisa hutang Rp 900.000 karena itu terkena net monthly membership fee sebesar Rp 26.550 ( perhitungannya = 2,95% x 900.000 = 26.550 ). 
Jadi, tagihan bulan februari Rp 900.000+Rp 3.000.000+Rp 26.550 = Rp 3.926.550.
Maret    :    pemegang kartu melakukan transaksi belanja total Rp 2.000.000 dan membayar sebesar Rp 400.000 dari tagihan bulan lalu Rp 3.926.550 sehingga tersisa hutang Rp 3.526.550 karena itu terkena net monthly membership fee Rp 103.250 (perhitungannya = 2,95% x (3.526.550 – 26.550) = 103.250). 
Jadi, tagihan bulan maret Rp 3.526.550+Rp 2.000.000+Rp 103.250 = Rp 5.629.800.
April     :    pemegang kartu melakukan pembayaran tagihan sebesar Rp 5.650.000 dari tagihan Rp 5.629.800 (tersisa kelebihan pembayaran Rp 20.200), karena tidak ada sisa hutang maka tidak terkena net monthly membership fee. 
Jadi, dalam lembar tagihan bulan April terdapat kelebihan pembayaran Rp 20.200

Rumus Monthly Fee = 2,95% x limit kartu
Rumus Cash Rebate = 2,95% x (sisa hutang - net monthly fee bulan sebelumnya - limit kartu)
Rumus Net Monthly Membership Fee = Monthly Membership Fee + Cash Rebate,  atau
Rumus Net Monthly Membership Fee = 2,95% x (sisa hutang - net monthly membership fee bulan sebelumnya)

16 komentar:

  1. Saya kok agak bingung yaa.. disini :
    http://kartukreditmurah.blogspot.com/2011/06/kartu-kredit-bni-syariah-bni-hasanah.html

    Katanya :
    Strong Benefit/Keunggulan :
    - Sesuai Syariah, dengan biaya lebih ringan
    (tidak ada sistem bunga dan monthly fee dihitung dari sisa pinjaman).

    Tapi pada contoh kasus di atas ada, yg bener nya bagaimana sih?

    kemudian bs mnta tlng berikan satu contoh kasus, misalnya saya membeli sebuah alat, seharga 5.000.000 pada awal bulan, apa bisa saya membayar dengan cicilan 6 bulan misalnya, dan bagaimana penghitungannya dan rincian pembayarannya?
    Trimakasih sbelumnya.. saya tertarik karna kartu kredit ini unik, ada kata syariah di belakangnya. tp sebelum saya apply, saya ingin mengetahui se detil-detilnya

    BalasHapus
  2. Itu sepertinya bukan bunga pa Furari tapi net monthly membership fee sebesar Rp 26.550 ( perhitungannya = 2,95% x 900.000 = 26.550 ) pada bulan February dan Rp 103.250 (perhitungannya = 2,95% x (3.526.550 – 26.550) = 103.250) pada bulan Maret.

    BalasHapus
  3. kalo belum ada pinnya belum bisa dipakai pak....segera hubungi BNI CALL di 500046

    BalasHapus
  4. PIN gunanya hanya untuk transaksi di ATM saja, seperti ambil tunai dan cek saldo, apabila belum dapat PIN kartu tetap bisa digunakan untuk berbelanja, karena belanja menggunakan kartu hasanah tidak memerlukan PIN, jadi tanpa PIN, kartu tetap bisa digunakan untuk berbelanja ... ini pengalaman pribadi saya

    BalasHapus
  5. executive lounge di Bandara Supadio Pontianak gratis gak?

    BalasHapus
  6. Just make sure. Apakah benar, jika kita sudah tidak memiliki sisa hutang (Rp. 0)/lunas, tidak terkena net monthly membership fee?
    atau terkena biaya lain..?

    BalasHapus
  7. Mohon sekiranya dapat diberikan simulasi SmartSpending. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. info dari cs bni hasanah pembayaran dengan cara cicilan tetap jatuhnya lebih tinggai/mahal dari kartu kredit reguler.

      misalnya utk cicilan pemakaian s/d 2jt dikenakan administrasi 400.000 yg harus dibayar sekaligus.
      s/d 4 jt dikenakan 800.000,
      s/d 6 jt dikenakan 1.200.000,
      s/d 8 jt dikenakan 1.600.000, dst

      Hapus
    2. kok ga ada informasi transparan atas syarat dan ketentuan yang berlaku untuk smartspending bni syariah yah?
      jadi pengen tau infonya seperti apa nih

      Hapus
  8. nyesel gua buat bni syariah. kok klo cicilan lebih mahal dari pada bank bank konvensional. masa biaya adminnya 4jt cicilan jadi 800rb. ya gila aja. kalo di presentasiin biaya tagihan administrasi smartspending itu setidaknya di atas 2% perbulan. lah bank konvensional dmn dmn paling gede bunga cicilan perbulan aja 1.1%. trus angka cash rebate juga gak jelas. itu muter muter ganti nama.

    BalasHapus
  9. Kalo semisal saya belanja 2 juta. Lalu tagihan keluar dan lgsg saya bayar lunas? Bagaimana perhitungannya ya? Apakah kena mountly membership fee?

    BalasHapus
  10. Ini riba inah pengelabuhan riba, lebih parah dari bank konvesional

    BalasHapus

  11. KABAR BAIK!!!

    Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tanpa biaya transfer,
    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Tanpa biaya pendaftaran,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus
  12. Benar saya baru saja melakukan transaksi di kartu ib hasanaH card,saya benar-benar merasa tertipu.transaksi 1.370.000 mau ngajuin cicilan ADM 400.000 bener2 mencekik.

    BalasHapus
  13. Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp. 30.000.000 karena saya butuh modal besar Rp. 300.000.000, Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Perdagangan saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya ke seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp.500.000.000,00

    Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menerima ucapan terima kasih saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan nasihat kepada orang Indonesia lainnya, ada banyak penipu di sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi ibu whatsApp nomor +1 (585) 708- 3478
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus
  14. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus